Beberapa Istilah Dalam Dunia Arsitektur Yang Perlu Anda Ketahui Saat Akan Membangun Rumah - Part I

September 06, 2022

Tahukah anda, istilah Arsitektur berasal dari bahasa Yunani αρχιτέκτων yang berarti ‘architectu’. Istilah ini terdiri dari dua kata yang masing-masing memiliki arti pemimpin atau ahli dan tukang bangunan atau tukang kayu. Di dalam glosari arsitektur yang pertama kali ditulis oleh seorang berkebangsaan Roma bernama Vitruvius, terdapat lebih dari 500 istilah penting dalam dunia arsitektur. 

Sebagai orang awam yang tidak pernah belajar soal arsitektur maupun bangunan, pasti anda akan menemukan banyak istilah yang sangat asing di telinga ketika membangun rumah. Untuk itu, tidak ada salahnya mengetahui beberapa istilah yang sering digunakan digunakan di dunia arsitektur agar lebih memahami perkataan arsitek, kontraktor atau tukang pada saat melakukan kerjasama.

Kali ini, AT & Associates akan berbagi istilah mulai dari yang paling sering digunakan oleh arsitek atau kontraktor.

Kantilever
Kantilever adalah bagian dari bangunan tanpa kolom yang menggantung, dengan tiang atau dinding sebagai penyangganya. Kantilever dibuat menonjol keluar dari bangunan utama serta dibangun tegak lurus dengan dukungan penyangga di salah satu sisi saja.

www.atomic-ranch.com
image source: www.atomic-ranch.com

Atelier
Istilah Atelier merupakan studio atau workshop tempat menghasilkan karya seni, termasuk seni arsitektur.

Topian
Topian atau plat topian adalah kantilever yang letaknya berada di atas jendela dan berfungsi untuk melindungi kaca dan kusen agar tidak terkena hujan maupun sinar matahari secara langsung. Topian juga sering disebut dengan istilah kanopi beton.

Secondary Skin
Secondary skin adalah lapisan di luar dinding utama pada eksterior bangunan yang tidak menempel pada struktur dinding bangunan utama. Fungsi secondary skin adalah untuk membuat rumah terasa lebih sejuk karena menghambat paparan sinar matahari.



Atap Mansard
Atap Mansard merupakan atap dengan empat sisi yang kemiringannya terbatas di puncak dan curam di dasar. Atap tipe ini sangat umum ditemukan pada rumah di Eropa. Atap mansard memiliki bentuk yang unik sekaligus berfungsi untuk memaksimalkan penggunaan lahan.


image source: Pinterest

Foyer
Foyer merupakan sebuah area yang difungsikan sebagai ruang transisi untuk menyambut tamu sebelum memasuki ruang tamu. Foyer juga dapat digunakan sebagai area untuk menyimpan barang-barang seperti sepatu, mantel, topi, payung dan lain-lain.



Patio
Patio berasal dari bahasa Spanyol, artinya adalah halaman dari sebuah rumah. Konsep patio terbuka dan tidak dikelilingi oleh dinding.


image source: homeplumbingbasics.com

Masih ada banyak istilah yang digunakan di dalam dunia arsitektur yang akan kami bagikan pada artikel selanjutnya. Semoga beberapa istilah yang kami bagikan dapat memberi wawasan tambahan untuk anda yang sedang membangun rumah.

Read more:

Lima Tips dari Desainer Untuk Menata Furniture Pada Ruang Sempit