Ciptakan Tampilan Rumah Berkarakter Dengan Dinding Bertekstur

July 18, 2022

Tembok merupakan bagian dari rumah yang memiliki peranan penting. Tembok memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai penyokong atap dan membagi ruangan, serta melindungi rumah dan segala isinya terhadap cuaca. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk memberi perhatian lebih pada bagian rumah yang satu ini.

Pernahkah anda terpikirkan untuk menciptakan tampilan rumah yang berbeda dengan mengaplikasikan tekstur pada dinding rumah anda? Tembok yang bertekstur membuat rumah tampak lebih berkarakter dan tidak biasa. Namun, perlu perencanaan yang matang dan pengaplikasian yang tepat agar tidak menyesal setelahnya. Sebelum anda memutuskan untuk membuat tekstur pada tembok, kenali dulu jenis-jenis tekstur yang ada serta cara pengaplikasiannya yang tepat.

Venetian Plastering

Dinding dengan tekstur Venetian merupakan perpaduan gaya kontemporer dan tradisional dengan hasil dinding yang halus saat disentuh. Tekstur Venetian menonjolkan gaya vintage namun tetap terlihat mewah, membuat dinding menjadi sebuah karya seni. Tekstur ini cocok untuk diaplikasikan pada area
indoor seperti ruang kerja, ruang keluarga, ruang tamu ataupun kamar mandi.

Cara mengaplikasikan Venetian plastering adalah dengan melapisi tembok anda dengan campuran gipsum tipis, lalu ratakan secara acak. Untuk membuatnya, anda juga memerlukan polish khusus agar hasil akhirnya menjadi halus dan mengkilap. Sebaiknya anda memanggil orang yang ahli untuk membuat dinding bertekstur Venetian ini.

Spanish Lace

Spanish lace
, atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘renda Spanyol’ adalah tekstur dinding yang menyerupai renda. Tekstur ini dapat menutupi flaws pada dinding seperti noda dan retak. 

Proses pembuatan Spanish lace bisa dikatakan cukup rumit dan perlu kesabaran karena prosesnya cukup memakan waktu. Anda bisa menggunakan gipsum dengan konsistensi tipis, lalu menggunakan teknik sikat tamparan (bisa juga menggunakan roller atau pistol semprot). Ulangi proses tersebut, barulah setelah kering anda bisa mengecatnya dengan warna terang atau gelap.

Sand swirl

Tekstur lainnya adalah
sand swirl yaitu tekstur dinding yang menyerupai desiran pasir. Untuk membuatnya, anda hanya perlu kuas dan campuran primer dengan perlit, senyawa organik ini mirip dengan pasir. Aplikasikan campuran senyawa tadi pada kuas atau sikat, lalu pulas pada dinding dengan gerakan berputar-putar dan tumpang tindih. Setelah kering, cat dengan cat dinding.

Popcorn

Dinding dengan tekstur popcorn sepertinya adalah yang paling populer dan sering ditemukan, terutama pada dinding area luar. Tekstur popcorn ini sebetulnya sangat
booming di tahun 1960-an dimana pembangunan perumahan sedang gencar-gencarnya. Pada tahun tersebut, banyak rumah menggunakan tekstur popcorn tidak hanya pada dinding luar, tetapi juga di langit-langit rumah. Keunggulan dinding dengan tekstur popcorn adalah biaya perawatannya yang rendah dan dapat meredam kebisingan. 

Comb

Tekstur
comb atau sisir adalah tekstur yang paling sederhana dan mudah dibuat jika anda adalah seorang pemula. Untuk membuatnya, aplikasikan compound menggunakan sekop bergigi dan bentuk pola selagi campurannya masih basah. Tekstur ini cocok untuk diaplikasikan pada ruangan dengan bertema vintage atau yang terinspirasi dengan elemen art deco.

Perhatikan hal-hal berikut jika ingin membuat dinding bertekstur
Anda bisa membuat tekstur dinding di area rumah manapun yang anda inginkan untuk menambah drama dan karakter, maupun untuk menutupi flaws yang ada pada dinding anda, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuatnya.

Beberapa hal tersebut antara lain; tidak digunakan untuk menutupi kerusakan air, menggunakan tekstur hanya pada satu atau dua dinding sebagai aksen (tidak disarankan untuk membuatnya di seluruh bagian dinding rumah), dan memperhitungkan ukuran tekstur. 

Dinding yang terlalu bertekstur dapat membuat ruangan menjadi lebih kecil atau tampak terlalu tertutup, jadi jika Anda memiliki ruang terbatas, sebaiknya gunakan tekstur yang lebih halus.

Read more:

Perbedaan Curtains, Drapes, Blinds & Shades. Memilih Penutup Jendela yang Sesuai Untuk Ruangan Anda