Hadirkan Alam dalam Ruangan dengan 5 Jenis Tanaman ini

June 27, 2022

Jika saat ini anda sering mengalami masalah kesehatan seperti migrain atau stress akibat pekerjaan, mungkin anda perlu mempertimbangan untuk mulai memelihara tanaman hias. Kehadiran tanaman hias tidak hanya membuat ruangan terasa lebih hidup dan cantik tapi juga membawa dampak positif pada kesehatan.

Tanaman hias dapat menyaring bahan kimia berbahaya yang ada di sekitarnya dan membuat udara menjadi lebih murni, selain itu tanah dan akar tanaman dapat membantu menyerap semua karbon ekstra di udara yang membuat kualitas hidup kita menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Merawat tanaman hias juga memiliki efek terapeutik karena dapat membantu menenangkan jiwa pemiliknya. Saat menyiram dan merawat tanaman, tanpa disadari kita menjadi lebih positif, bahkan hanya dengan melihatnya saja kita dapat merasa lebih tenang dan fresh, hal ini tentu saja sangat baik bagi kesehatan mental kita. 

Tidak semua jenis tanaman dapat digunakan sebagai tanaman indoor. Sebaiknya anda memilih tanaman yang mudah dirawat dan dapat ditanam dalam lahan terbatas seperti berikut ini:

Rosemary



Tanaman ini sangat mudah dirawat dan ditanam di dalam pot kecil. Terlebih, ada aroma unik yang keluar dari tanaman ini yang dapat memberikan efek seperti lilin aromaterapi. Anda juga bisa menambahkan beberapa lembar daunnya ke dalam steak, salad, atau langsung menyeduhnya menjadi teh.

Japanese sago palm



Tanaman yang memiliki nama latin Cycas Revoluta dan disebut Sotetsu [Japanese ソテツ] dalam bahasa Jepang ini disebut the ‘living fossil’ karena telah ada sejak lebih dari seratus juta tahun yang lalu. Pertumbuhannya lambat namun daya tahannya sangat kuat, membuat tanaman ini digemari sebagai salah satu koleksi tanaman hias pada indoor maupun outdoor garden.

Kaktus



Kaktus terdiri dari berbagai jenis dan ukuran, cara merawatnya-pun sangat mudah karena  hanya perlu disemprot air setiap seminggu hingga dua minggu sekali. Karena perawatannya mudah, kaktus cocok digunakan sebagai indoor plant. Jika anda telaten dalam merawatnya, kaktus-kaktus yang bahagia dapat mengeluarkan bunga yang cantik!

String of Pearls



String of pearls adalah jenis sukulen gantung yang tumbuh subur di iklim hangat dan kering. Tanaman ini sangat mudah dirawat sebagai tanaman hias di dalam ruangan tetapi juga ideal untuk tumbuh di luar ruangan. Tempatkan String of Pearls pada area yang teduh sebagian, dimana ia dapat terlindungi dari panas matahari di sore hari, dan pada saat yang sama, menikmati sinar matahari pagi yang cerah secara tidak langsung.

Jade



Jade plant atau tanaman giok memiliki batang tebal dan daun yang berbentuk lonjong. Penampilannya mirip seperti pohon dalam versi mini, sangat unik dan menarik digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman yang dapat beradaptasi dengan baik pada kondisi hangat dan kering ini mampu hidup untuk waktu yang sangat lama, sehingga sering diturunkan dari generasi ke generasi. 

Jangan lupa merawat tanaman hias sesuai dengan jenis dan kebutuhannya, karena keberadaan mereka dapat menjaga mood dan memberikan efek positif bagi jiwa dan raga anda.

Read more:
Lima Kelebihan Penggunaan Elemen Kayu Pada Hunian