Hadirkan Hutan di Dalam Rumah Dengan Konsep Jungalow

August 08, 2022


image source: vancouverisawesome.com

Rasanya, anda ingin selalu berlibur seperti di bungalow, dan anda juga menyukai suasana seperti dikelilingi tanaman yang rimbun. Bagaimana jika kedua hal yang anda sukai ini digabung menjadi satu konsep desain hunian?

Jungalow, diambil dari kata jungle dan bungalow, merupakan konsep hunian yang memadukan gaya hidup di rumah peristirahatan dengan hutan belantara. Awalnya, Jungalow House pertama kali dibuat di India oleh sebuah firma arsitektur bernama Neogenesis Studios, kemudian konsep ini dipopulerkan oleh Justina Blakeney dari bukunya berjudul The New Bohemians

‘Sebuah desain, terutama desain rumah yang menjadi tempat tinggal, dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya’. 

Menurut Blakeney, setiap benda dibuat dengan penuh kasih dan memiliki cerita dari pengrajinnya.

Berada di dua dunia sekaligus

image source: bramblefurniture.com
image source: bramblefurniture.com

Konsep hunian jungalow biasanya bergaya tropis dan minimalis dengan ruang terbuka di tengah-tengah rumah. Pemisahan antara
indoor dan outdoor hanya sebatas kaca atau menggunakan lantai berpola. Dengan konsep ruang terbuka seperti ini, penghuni akan merasakan seperti berada di dua dunia sekaligus. Sirkulasi udara juga lebih lancar dengan cahaya natural yang membuat ruangan terkesan lebih luas.

Elegan dan mewah



Rumah
jungalow tidak harus menggunakan berbagai pernak-pernik berwarna-warni, karpet dengan warna kuning cerah, ataupun tumpukan bantal dengan sarung berwarna pink. Anda dapat mengaplikasikan konsep jungalow pada hunian yang mewah seperti pada project AT & Associates di gambar atas. Dengan desain taman vertikal yang dilengkapi dengan air terjun buatan seperti itu, hunian tampak menjadi lebih grande dan elegan tanpa harus kehilangan esensi dari konsep jungalow itu sendiri.

Konsep hunian jungalow didesain untuk mendapatkan akses pencahayaan alami yang maksimal, agar setiap ruangan mendapatkan sorotan cahaya matahari. Ini membuat konsep jungalow sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia. Dengan adanya sinar matahari sepanjang tahun, tidak hanya rumah dan para penghuninya yang mendapatkan keuntungan, namun juga tanaman-tanaman yang menghiasi hunian jungalow.

Bagaimana, tertarik menggunakan konsep hunian ini?

Read more:

Unik & Berbudaya, Berikut Lima Elemen Penting Untuk Menciptakan Hunian Bernuansa Tradisional