Inspirasi Kitchen Island Untuk Rumah Baru Anda

July 05, 2022

Kitchen island merupakan salah satu furniture pelengkap rumah modern yang ditempatkan di area dapur. Karena fungsi dapur lebih dari sekedar tempat memasak dan menikmati makanan, kehadiran kitchen island dapat menjadi pendukung suasana berkumpul di area dapur yang lebih hangat dan menyenangkan.

Kitchen island secara fungsional adalah kabinet untuk menyimpan alat dapur, namun karena dilengkapi dengan kursi-kursi, area ini dapat dipakai sebagai tempat berkumpu dengan keluarga dan juga bisa berperan sebagai meja bar. 

Pada rumah yang berukuran kecil, kitchen island dapat dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan tambahan. Saat ini kehadiran kitchen island hampir menjadi bagian yang penting dari dapur di rumah modern, karena:
  • Menjadi point of interest karena bentuknya yang unik dan umumnya memiliki penampilan berbeda dengan kitchen set.
  • Menjadi titik berkumpul dengan keluarga atau kerabat.
  • Posisinya tepat berada di tengah, sehingga bisa diakses dari segala sisi.
  • Menjadi tempat penyimpanan tambahan
Untuk menambah gaya pada dapur baru anda, berikut ini beberapa model kitchen island yang dapat anda gunakan sebagai inspirasi!

Galley kitchen island
image source: decoist.com
Galley kitchen island sangat ideal untuk si penggemar memasak. Desain kitchen island ini adalah pilihan yang sangat baik untuk menetapkan point of interest di ruangan anda. Agar lebih nyaman, tempatkan kursi bar untuk bersantai bersama kerabat.

Circular kitchen island
image source: decoist.com
Kitchen island yang satu ini memiliki bentuk yang sangat unik, yaitu setengah lingkaran, menambahkan karakter pada dapur anda. Namun, kekurangan jenis island yang satu ini adalah tidak ada cukup ruang untuk penyimpanan ekstra. 

L-Shaped kitchen island
image source: decoist.com
Untuk anda yang gemar memasak dan sering menghabiskan waktu di dapur, bentuk island ini ideal untuk anda. Area bekerja pada L-shaped kitchen island sangat luas, anda dapat melakukan banyak hal sekaligus di meja ini. Namun, sebaiknya anda menyesuaikan island ini dengan bentuk dapur agar tidak mengganggu arus lalu lintas.

Furniture style kitchen island
image source: decoist.com
Jika anda memiliki ruang terbatas, kitchen island ini dapat menjadi solusinya. Desain kitchen island sebelumnya mungkin dapat mengganggu lalu lintas anda, serta memakan terlalu banyak tempat, namun dengan furniture style kitchen island, anda tidak perlu khawatir dengan hal-hal tersebut. Selain menjadi area untuk menyiapkan makanan dan bar kecil, island ini dapat menjadi meja makan, sehingga dapat menjadi solusi 2-in-1 untuk anda.

Read more:

Concrete Blocks, the Low-Cost Housing Material with Versatile Design Possibilities