Japandi, Perpaduan Konsep Hidup Jepang & Scandinavia yang Sempurna bagi Penggemar Minimalism

June 27, 2022

Designed and built by AT & Associates

Desain interior maupun perabotan dengan gaya Japandi sangat populer di dua tahun belakangan ini. Japandi sendiri merupakan singkatan dari Japan dan Scandi, dua negara yang jauh berbeda dari segi kebudayaan dan bahasa, tapi memiliki kesamaan dalam hal estetika.

Lalu, bagaimana konsep desain dari kedua negara ini dapat berpadu menjadi sebuah konsep baru?

Di Jepang, terkenal istilah wabi sabi, sebuah filosofi hidup yang fokus pada ‘menghargai’ dan ‘menerima’ sesuatu yang tidak sempurna. Sementara di Scandinavia, masyarakatnya memiliki filosofi hygge atau konsep hidup bahagia yang berasal dari bahasa Nordic yang berarti ‘sejahtera’.
Kedua gagasan itu kemudian digabungkan dan terciptalah sebuah pernikahan indah yang berakar pada minimalism dan kenyamanan. Dan layaknya sebuah pernikahan dengan dua pribadi yang berbeda, perbedaan mereka sebenarnya saling melengkapi. Gabungan estetika dari keduanya melahirkan gaya yang santai dan sophisticated.

Designed and built by AT & Associates

Ciri khas desain Japandi


Fokus Japandi adalah pada desain minimalis yang estetis dan fungsional, dengan warna-warna kalem, garis-garis yang clean, serta bahan-bahan natural. Pada perabotan, gaya Japandi menampilkan hasil keahlian tangan yang indah, yang berfokus pada kualitas dan potongan. Tidak jarang juga para designer menggunakan  bahan affordable dan sekali pakai dalam membuat perabotan.


Untuk melengkapi furnitur dan aksesris, anda akan disuguhkan dengan banyak pilihan warna dan cat netral. Color palette yang digunakan tentu semestinya menenangkan, tenang, dan damai, dan ketika harus menggabungkannya dengan warna-warna cerah, hal tersebut dilakukan dengan sangat sopan dan bermakna untuk mempertahankan ‘Zen’ di dalam ruangan.


Sebagai tambahan, gaya Japandi sangat menekankan pada sustainable living. Dengan semakin banyaknya konsumen yang mencari estetika ramah lingkungan, tidak heran jika popularitas Japandi semakin meroket, bukan?

Read more:

Mengenal American Farmhouse Style, Desain Rumah Sederhana & Praktis Warisan American Farmers