Kelebihan Baja Sebagai Bahan Baku Membuat Mezzanine

July 18, 2022


Mezzanine
menjadi solusi untuk memaksimalkan lahan pada rumah-rumah modern ini. Dengan mezzanine, penghuni dapat memiliki ruang tambahan tanpa harus repot-repot melakukan renovasi rumah. Pada awalnya, mezzanine dibangun untuk dimanfaatkan sebagai gudang, namun saat ini mezzanine sangat umum dibangun untuk dimanfaatkan sebagai kamar, ruang kerja, dan lain sebagainya.

Ada banyak pilihan bahan baku dalam membangun mezzanine, mulai dari kayu, beton hingga baja, dan setiap material tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, saat ini baja merupakan material yang paling sering digunakan untuk membangun mezzanine. Penggunaan baja sangat digemari karena memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahan baku lainnya. 

Kemudahan dalam instalasi
Salah satu kelebihan mengapa baja menjadi bahan baku yang populer sebagai dalam membuat mezzanine adalah karena instalasinya yang mudah. Dengan kemudahan ini maka proses pembuatan mezzanine-pun menjadi lebih cepat, sehingga tidak memakan banyak biaya ekstra. 

Ringan
Kelebihan lain pada baja adalah karena bobotnya yang ringan. Dengan begitu, bobot mezzanine tidak akan membebani konstruksi pada bangunan yang sudah ada. 

Ekonomis
Dari segi biaya, baja termasuk lebih affordable dibandingkan dengan bahan baku membuat mezzanine yang lainnya. Daya tahannya-pun lebih panjang sehingga penggunaannya lebih ekonomis.

Tahan lama
Terakhir, penggunaan baja dalam membangun mezzanine sangat digemari karena kokoh dan tahan lama. Baja ringan adalah material yang kuat dalam menopang beban bahkan jika tanpa penopang besi atau cor. 



Tentu saja, dibalik kelebihan-kelebihan penggunaan baja dalam membuat mezzanine, material ini tetap memiliki kekurangan-kekurangan. Salah satu kekurangan baja ringan adalah tampilannya yang kurang rapih jika dibandingkan dengan kayu. Hal ini tentu karena material baja tidak begitu fleksibel sehingga membuatnya agak sulit dibentuk.

Selain itu, kekurangan terbesar dari baja adalah sifatnya mudah berkarat. Namun, anda tidak perlu khawatir karena karat pada baja dapat diatasi dengan cat pelapis anti karat. Selain itu, pengguna perlu menghindari pembangunan mezzanine pada area yang rawan terkena air agar material ini lebih awet, tidak muncul karat dan tahan lama.

Read more:

Membuat Ruang Ekstra Tanpa Renovasi, Dengan Mezzanine