Lima Kelebihan Penggunaan Elemen Kayu Pada Hunian

June 27, 2022

Designed and built by AT & Associates

Kayu adalah bahan yang menakjubkan. Material yang satu ini dapat digunakan mulai dari konstruksi hingga dekorasi, menciptakan tampilan yang berbeda dan
homey, serta tentu saja estetik. Tahukah anda, penggunaan kayu dalam desain dan konstruksi ternyata memiliki banyak kelebihan? Berikut lima diantaranya.



Kayu sebagai isolator dan penghemat energi

Beberapa bahan bangunan seperti baja (atau bahan anorganik lain yang tidak mudah terbakar) akan memuai jika dipanaskan, dan berdampak pada melemahnya hingga hancurnya struktur. Namun, tidak dengan kayu. Saat dipanaskan (dengan suhu yang tidak berlebihan / pembakaran), kayu akan mengering dan menjadi lebih keras. 

Penggunaan kayu sebagai material utama di dalam rumah dapat mempertahankan suhu yang ideal, sehingga rumah akan terasa hangat atau sejuk sesuai dengan lokasinya. Artinya, penghuni bisa berhemat lebih karena tidak memerlukan AC maupun penghangat ruangan terus-menerus. 


Estetik dan mudah dikreasikan

Dengan lebih dari 5000 ragam untuk dipilih, anda bisa membuat kayu menjadi apa saja. Mulai dari konstruksi, alat musik, hiasan dinding, furniture, lantai, hingga atap dan fasad. Setiap balok kayu memiliki guratannya tersendiri, dimana rona dan teksturnya saling menyatu menciptakan pola yang indah. 

Tidak heran jika banyak karya arsitektur ternama menggunakan kayu sebagai material utamanya. Contohnya pada desain rumah karya AT & Associates yang menggunakan kayu sebagai fasad diatas. Tanpa perlu banyak pernak-pernik, penggunaan kayu sebagai fasad dapat menghidupkan suasana rumah tanpa menghilangkan nilai estetikanya. Rasa homey pun akan timbul tidak hanya bagi penghuni, tapi juga bagi orang yang melihatnya.


Tahan air

Tidak semua jenis kayu tahan terhadap air, namun beberapa jenis seperti Jati, Sengon, Merbau, Ulin, Meranti, Sengon, Laban, Kamper, Sonokeling dan Bangkirai merupakan macam-macam kayu yang tahan air dan banyak digunakan sebagai furniture. 


Jenis yang paling populer dan familiar adalah Jati, selain karena daya tahannya yang kuat terhadap air, Jati sangat kokoh dan juga tidak mudah berlubang atau keropos karena rayap. 


Meredam suara

Meskipun tidak sempurna, namun kayu dapat mencegah gema memantul di sekitar ruangan dengan cara menyerap gelombang suara. Jika dibandingkan dengan bahan material lainnya, kayu terbukti jauh lebih efektif dalam insulasi suara, terutama antara ruangan yang berbeda.


Karena sifatnya ini, kayu digunakan pada banyak balai konser di seluruh dunia. Tidak hanya karena dapat meredam suara, elemen kayu juga mampu membuat suara terdengar lebih sempurna. 


Tahan karat

Yang terakhir, kayu tidak berkarat sampai kapanpun. Jika sudah dipakai bertahun-tahun dan mulai tampak kusam, anda hanya perlu memolesnya lagi.

Read more:

Concrete Blocks, the Low-Cost Housing Material with Versatile Design Possibilities

 



Read more: