Lima Tips dari Desainer Untuk Menata Furniture Pada Ruang Sempit

August 30, 2022



Menata
furniture pada ruangan dengan luas rata-rata bisa dikatakan adalah pekerjaan yang mudah-mudah sulit. Pekerjaan ini akan terasa lebih sulit lagi jika dilakukan pada ruangan yang panjang dan sempit. Tidak hanya penataan, aspek lain seperti kemudahan bergerak dan area percakapan yang ideal juga penting untuk diperhitungkan.

Sebelum mencoba menata furniture, ada beberapa prinsip yang perlu anda pahami agar dapat menyesuaikan barang-barang yang berfungsi di ruang kecil atau sempit. Namun jangan khawatir, untuk anda yang sedang akan memfungsikan kembali ruangan kosong yang sempit, berikut ini ada lima tips dari desainer kami.

Biarkan jalan setapak di satu sisi

Hal paling sulit saat menata sebuah ruangan yang sempit adalah bagaimana mengatur furniture sedemikian rupa sehingga orang dapat berjalan melewati ruangan tanpa tersandung barang. Tentu anda tidak mau harus berjalan zig-zag setiap hari hanya untuk melintasi ruangan.

Untuk itu, gunakan satu sisi ruangan untuk penataan furniture dan pertahankan satu sisi lainnya sebagai akses. Namun jika kondisi tidak memungkinkan, anda perlu mengatur perabotan dan membuat lebih banyak sudut agar dapat menjadi area lalu lintas, ini lebih baik daripada harus terbentur sana-sini.

Letakkan perabotan di sudut

Penataan perabotan pada sudut ruangan berfungsi untuk ‘memecah’ ruang sehingga tidak tampak sempit dan sesak. Anda bisa meletakkan lemari sudut yang tidak putus untuk memberikan tampilan lemari yang rapi dan fungsional.



Furniture melingkar

Pada ruangan sempit yang lurus dan panjang, beberapa furniture kecil dengan bentuk melingkar seperti meja kopi dapat membantu memecah garis lurus. Selain itu, sebuah lampu gantung bulat juga dapat membantu membuat ruangan kecil terlihat lebih besar.

Manfaatkan dinding

Anda perlu memanfaatkan setiap elemen yang ada di dalam ruangan sempit, termasuk dinding. Gunakan ruang di dinding untuk rak dan penerangan. Anda bisa menggunakan ambalan atau membuat coak pada dinding untuk mendapatkan tampilan ruangan yang modern.

Gunakan perabotan seperlunya

Anda tidak perlu menjejalkan semua perabotan ke dalam ruangan yang sempit. Pada tahap ini, penting bagi anda untuk menyortir mana perabotan yang berfungsi di dalam ruangan tersebut dan mana yang tidak perlu. Gunakanlah perabotan yang memiliki dua fungsi seperti tempat penyimpanan tertutup yang selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, juga dapat digunakan sebagai tempat duduk. 



Setelah mengatur perabotan, anda masih perlu memikirkan bagaimana meletakkan beberapa aksesori lain seperti vas, lampu atau diffuser. Ingat, bagaimana anda meletakkannya akan sangat berdampak besar pada keseluruhan tampilan ruangan, jadi pastikan anda menatanya dengan baik, ya!

Read more:

Tips Menciptakan Suasana Kamar Nyaman dan Menenangkan