Membuat Ruang Ekstra Tanpa Renovasi, Dengan Mezzanine

July 18, 2022


Salah satu solusi saat anda ingin menambah ruangan di dalam rumah, tanpa perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk merenovasi rumah adalah dengan membuat
mezzanine. Dengan mezzanine anda tidak hanya akan mendapatkan satu ruang tambahan tapi juga rumah anda terlihat lebih unik dan menarik. Mezzanine diambil dari bahasa Italia, yaitu mezzo yang artinya ‘bagian tengah’ atau dapat juga diartikan sebagai ruang atau lantai tambahan yang dibangun di dalam hunian satu lantai. Mezzanine berada di antara lantai bawah dan plafon, dan biasanya memiliki luas sepertiga dari total luas ruangan.

Membuat mezzanine dengan tepat pada hunian

Sebagai solusi paling tepat untuk memaksimalkan area pada hunian kecil dan membuatnya lebih fungsional, mezzanine sangat ideal dibangun pada rumah dengan atap yang tinggi. Tidak hanya itu, ada beberapa poin penting lainnya yang harus diperhatikan saat akan membangun
mezzanine, antara lain;

Luas ruangan
Pada umumnya, mezzanine mengambil sepertiga dari luas hunian anda, maka dari itu anda perlu memperhitungkan kembali luas rumah dan posisi akan dibangunnya mezzanine agar tidak malah membuat rumah anda menjadi lebih sempit.

Tinggi
Untuk memenuhi fungsi ruang di dalamnya, tinggi rumah anda harus ideal untuk membuat mezzanine, yakni 4.5 meter ke atas. Dengan tinggi 4.5 meter, ruangan pada mezzanine serta ruangan di bawahnya akan mencapai 2 meter, ini membuat orang dewasa dengan tinggi rata-rata 160 cm dapat dengan mudah mengaksesnya. 

Material
Gunakanlah kayu, beton, baja dan besi dengan kualitas terbaik saat anda akan membangun mezzanine karena material yang baik akan memberikan hasil yang kokoh dan kuat menopang beban pada ruangan dalam jangka waktu yang lama.

Macam-macam mezzanine 


Anda juga perlu memperhatikan pencahayaan pada kedua ruangan (mezzanine dan ruangan di bawahnya) agar tidak mengganggu ruangan lainnya yang berdekatan. Jika ketiga poin diatas sudah terpenuhi, maka langkah terakhir adalah menentukan fungsi  dari lantai
mezzanine tersebut. Jika ruangan yang anda bangun terbatas, anda bisa memanfaatkannya sebagai ruang baca, ruang bermain game, atau area untuk me time. Namun jika anda memiliki ruangan yang cukup luas, ini bisa dimanfaatkan sebagai kamar, perpustakaan, atau area bermain anak.

Mezzanine juga memiliki beberapa macam bentuk yang bisa disesuaikan dengan hunian anda, contohnya:

Open space mezzanine
Mezzanine ini cocok untuk anda yang memiliki luas hunian terbatas. Desainnya yang = terbuka, membuat ruangan anda tidak terlihat lebih sempit. Selain itu, anda dapat dengan bebas berinteraksi dari kedua ruangan (atas dan bawah). Perhatikan juga posisi tangga agar tidak mengganggu lalu lintas.

Private mezzanine
Untuk anda yang ingin membatasi interaksi dan ingin membuat mezzanine sebagai ruang pribadi, anda bisa menggunakan kaca transparan dengan tirai sebagai pembatasnya. Private mezzanine cocok digunakan sebagai ruang kerja atau kamar tambahan.

Corner space mezzanine
Jika anda tidak memiliki ruangan yang cukup luas, anda dapat membuat mezzanine pada bagian sudut ruangan yang bisa dimanfaatkan sebagai area membaca.

Walk-in-closet mezzanine
Untuk kamar dengan ceiling tinggi manfaatkan area mezzanine anda sebagai walk-in-closet. Desain ini akan membuat ruangan anda tampak lebih besar dan rapih. Anda juga lebih leluasa dalam menyimpan barang dengan adanya walk-in-closet ini.

The bridge mezzanine
Untuk rumah dengan ukuran luas, mezzanine dengan desain jembatan yang dibangun di tengah-tengah ruangan bisa dimanfaatkan sebagai area pameran koleksi pribadi. 

Jangan lupa untuk memperhatikan bahan-bahan yang anda gunakan saat akan membangun mezzanine. Pastikan mezzanine yang anda bangun nanti kuat, aman dan tidak memiliki risiko kecelakaan bagi semua usia.

Read more:
 July 18, 2022