Memilih Kitchen Sink Yang Ideal Dengan Posisi Sesuai Fengshui 

August 02, 2022



Saat menata dapur, terkadang kita terlalu fokus pada posisi kompor dan perabotannya sehingga lupa pada hal lain yang tidak kalah penting, seperti posisi
sink (tempat mencuci). Padahal, posisi sink menurut fengshui juga tidak boleh diletakkan asal-asalan agar elemen-elemen pada area dapur ini tidak saling bertentangan.

Elemen Air dan Api
Menurut fengshui, kompor dan keran air merupakan dua elemen berbeda yakni api dan air. Kedua elemen yang memiliki sifat bertolak belakang ini harus diselaraskan untuk menjaga keharmonisan dan tidak memberikan pengaruh buruk di dalam rumah. 

Cara untuk menyelaraskan elemen api dan air adalah dengan mengatur penempatannya agar tidak bertabrakan. Jika terjadi pertemuan api dan air karena posisinya tidak tepat, maka biasanya akan sering timbul konflik di dalam rumah seperti pertengkaran antara suami istri.

Posisi Sink dan Kompor
Agar konflik tidak terjadi di dalam rumah, hindari penempatan posisi kompor dan sink yang berhadapan atau bersebelahan, dan juga tidak menempatkan kompor tepat di bawah saluran air. Posisi-posisi ini sangat dihindari di dalam dunia fengshui karena elemen api akan padam oleh elemen air, yang artinya dapat mematikan aliran rejeki keluarga anda. 

Posisi sink yang baik menurut fengshui adalah di utara sementara kompor diletakkan pada timur dan tenggara. Elemen air tidak boleh berada di depan elemen api, sehingga posisi peletakan unsur api harus steril dari unsur air.



Sink yang ideal membuat proses mencuci menjadi nyaman
Kenyaman saat menggunakan sink tidak hanya dirasakan ketika sink yang anda miliki memiliki tampilan modern dengan fitur-fitur masa kini. Lebih dari itu, sink yang nyaman adalah yang tingginya sesuai dengan tinggi badan anda serta memiliki kedalaman dan ketebalan yang sesuai dengan kegiatan dapur anda sehari-hari.

Tinggi sink yang sesuai dengan tinggi badan anda tidak akan membuat anda cepat lelah akibat harus membungkuk saat beraktifitas. Karena, jika hal ini berlangsung secara terus-menerus, secara tidak sadar tentu akan berdampak pada postur tubuh anda. Anda tentu tidak ingin menjadi lebih bungkuk di masa depan, bukan?

Kitchen sink terdiri atas tiga jenis sesuai dengan jumlah basin yang dimiliki, antara lain:

Single Basin
Ini adalah sink yang standar dengan lebar 90 cm dan kedalaman 25 cm dan cocok untuk dapur minimalis.

Double Basin
Sink dengan double basin memiliki ukuran yang lebih besar dan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan single basin. Sink ini dapat membantu proses mencuci dan mengeringkan perabotan dapur anda dengan lebih maksimal, terlebih bagi anda yang sering memasak, membuat kue, atau melakukan kegiatan dapur lainnya.

Triple Basin
Untuk dapur yang sangat besar dan selalu digunakan (seperti restoran atau jasa catering) kitchen sink dengan triple basin adalah pilihan yang sesuai, mengingat tingginya proses mencuci yang harus dilakukan.



Kitchen sink juga lebih baik berada dekat dengan ventilasi udara atau area yang mendapatkan cahaya alami. Area mencuci sudah pasti akan selalu basah, sehingga aliran udara dan cahaya yang baik akan membantu perabotan, sayur dan buah yang anda cuci menjadi lebih cepat kering serta terhindar dari kelembaban.


Read more:

Lima Cara Mengatasi Tampias Pada Hunian