Mengenal Berbagai Jenis Genteng Beserta Kelebihannya

August 02, 2022



Salah satu proses dalam membangun atau merenovasi rumah adalah memilih genteng yang paling tepat untuk sebuah hunian. Tidak hanya satu atau dua macam saja, genteng terdiri dari berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan si pemilik rumah. Memilih genteng yang tepat nyatanya perlu perhatian khusus agar dapat melindungi pemilik rumah dari terpaan berbagai musim hingga waktu yang lama.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih genteng antara lain:

Memiliki sifat isolasi yang baik

Dengan sifat isolasi yang baik, genteng akan melindungi rumah dari panas, dingin serta bunyi bising dari lingkungan sekitar

Tahan air
Genteng yang anda pilih harus tahan terhadap air atau tidak mudah ditembus air hujan

Tahan cuaca
Sebaiknya, genteng tersebut tidak mudah mengalami perubahan bentuk jika terjadi perubahan cuaca

Tahan api
Genteng yang baik adalah genteng yang tidak mudah terbakar

Tahan lama
Pilihlah genteng yang memiliki daya tahan lama dan tidak memerlukan banyak perawatan

Ringan dan kokoh
Genteng terbaik adalah genteng yang ringan, memiliki kedudukan yang mantap dan kokoh saat dipasang



Genteng merupakan tameng pertahanan pertama yang melindungi rumah dari terpaan cuaca dan sengatan sinar matahari, untuk itu penting memilih genteng yang paling baik demi menjaga hunian dari kemungkinan-kemungkinan buruk. 

Mungkin saat ini anda hanya mengetahui jenis genteng yang terbuat dari asbes, tanah liat atau seng. Nyatanya, ada lebih banyak pilihan genteng yang terbuat dari berbagai macam bahan baku yang bisa anda pilih sesuai kriteria anda. Berikut jenis-jenis genteng beserta kelebihannya.

Genteng Aspal

Genteng aspal terbuat dari campuran serat kayu dan aspal. Genteng aspal ini dapat digunakan pada hampir semua rangka atap termasuk baja ringan, kayu hingga beton. Kelebihan genteng aspal adalah bobotnya yang ringan, kokoh, fleksibel, tahan lama dan tidak mudah patah. Namun, genteng aspal memiliki harga yang cukup mahal, harus diberi landasan terlebih dahulu sebelum pemasangan, dan jika suatu saat terjadi kerusakan perlu jasa profesional untuk memperbaikinya. 

Genteng Beton

Terbuat dari campuran semen, pasir dan fly ash, genteng beton adalah salah satu genteng yang paling tahan terhadap segala jenis cuaca. Ini adalah genteng yang paling banyak digunakan karena memiliki daya tahan yang lama yakni puluhan tahun serta tidak membutuhkan perawatan khusus. Desain pada genteng beton juga bervariasi dengan harga yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan genteng keramik. Genteng ini juga memiliki sifat isolasi yang baik. 

Kekurangan pada genteng beton adalah bobotnya yang lumayan berat dengan proses pemasangan yang cukup rumit dan lama. Selain itu, genteng beton juga membutuhkan lapisan khusus secara rutin untuk menjaga kualitasnya.

Genteng Keramik

Untuk rumah berukuran tinggi, genteng keramik dapat menjadi pilihan yang baik karena mampu menahan teriknya sinar matahari. Genteng keramik cenderung tahan lama dan tahan terhadap segala cuaca, tidak mudah retak serta kuat menahan berat. Ukurannya lebih besar dibandingkan jenis genteng lainnya dan variasi warnanya banyak.

Hanya saja genteng keramik ini dijual dengan harga yang cenderung mahal dengan proses pemasangan yang butuh ketelitian. Bobot genteng keramik adalah sekitar 3.5 kg per buah, jadi perlu rangka yang kuat untuk menggunakan jenis genteng ini. Selain itu, saat terkena hujan, genteng keramik akan menjadi sangat licin.



Genteng Metal

Genteng metal terbuat dari lembaran metal yang di press sehingga membentuk pola seperti genteng. Untuk memberikan sifat isolasi yang lebih baik, ada pula genteng metal yang dilapisi rekatan butiran aspal dan pasir. 

Genteng metal dapat menjadi salah satu pilihan genteng terbaik karena daya tahannya yang cukup tinggi. Sifat isolasinya dapat meredam suara air hujan dan menahan panasnya sinar matahari. Bobotnya ringan dan proses pemasangannya cenderung lebih mudah. Genteng metal tersedia dengan beragam warna dan desain, ini juga genteng yang ramah lingkungan karena terbuat dari bahan daur ulang.

Kekurangan pada genteng metal adalah efeknya pada bagian dalam hunian menjadi lebih pengap dan panas. Warnanya juga mudah mengelupas dan berisiko terjadi korosi pada permukaan yang rusak. Genteng metal juga sangat rapuh, ia rentan penyok apabila terinjak saat proses pemasangan.

Genteng Metal Pasir

Bahan dasar genteng metal pasir adalah campuran zincalume, baja galvalume az 100, zinc phosphat dan campuran coraltex. Genteng ini tersedia dalam ketebalan 0.20 mm hingga 0.40 mm. Dengan campuran bahan baku diatas, genteng metal pasir memiliki sifat isolasi yang baik serta tahan terhadap karat dan korosi. Genteng ini juga tidak mudah terbakar dan cukup mudah di-install. Kekurangan genteng ini adalah warnanya mudah terkelupas dan rentan terhadap tekanan berat.

Genteng Asbes

Walaupun saat ini pemakaiannya sudah banyak dikurangi genteng asbes merupakan salah satu jenis genteng yang banyak digunakan di Indonesia. Genteng asbes memang memiliki harga yang sangat terjangkau, namun daya tahannya amat sangat ringkih. Proses pemasangan genteng asbes juga sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak kayu reng, sayangnya serat asbes pada genteng ini mudah terlepas dan apabila terhirup dapat menyebabkan kanker pada manusia.



Genteng Tanah Liat

Genteng tanah liat telah digunakan selama ratusan tahun untuk melindungi hunian. Genteng ini memiliki daya tahan yang kuat dengan bobot yang cukup ringan. Harga genteng tanah liat juga cukup terjangkau dengan proses pemasangan yang mudah. Jika rusak, proses perbaikannya-pun tidak membutuhkan biaya yang berlebihan. Genteng ini tahan terhadap segala cuaca juga api.

Meskipun proses pemasangannya mudah, namun butuh waktu yang cukup lama dan ketelitian untuk menyelesaikannya. Warna genteng tanah liat juga mudah pudar dan rentan berlumut, ini membuatnya menjadi lebih mudah bocor.

Genteng Kaca

Untuk membuat ruangan lebih terang dengan sinar matahari, anda dapat mempertimbangkan penggunaan genteng kaca. Namun begitu, sebaiknya genteng kaca tidak dipasang pada seluruh ruangan karena dapat membuat penghuni merasa tidak nyaman. Genteng kaca adalah solusi alternatif ruangan yang tidak mendapatkan cahaya alami dari jendela. Proses pemasangan genteng ini cukup mudah. Dengan tampilan transparan, rumah anda akan tampak lebih mewah dan minimalis.

Akan tetapi, risiko kerusakan genteng kaca lebih tinggi bila dibandingkan dengan genteng lainnya. Dibutuhkan perawatan yang rutin pula agar genteng tidak berlumut, artinya biaya perawatannya lebih mahal. Saat cuaca sedang panas, ruangan anda akan terasa sangat panas dan menyengat.

Genteng Seng

Selain genteng tanah liat, genteng seng juga telah digunakan sejak ratusan tahun di Indonesia. Keunggulan genteng seng adalah bobotnya ringan, pemasangan mudah dan ukurannya panjang. Ukuran panjang pada genteng seng ini berpengaruh pada biaya pembelian seng yang lebih sedikit, sehingga penggunaannya lebih ekonomis.

Genteng seng sangat mudah menyerap panas, akibatnya ruangan di bawahnya akan terasa panas dan pengap. Genteng ini juga bukanlah solusi untuk jangka panjang karena mudah berkarat dan ringkih. Saat tertimpa air hujan, suara genteng akan sangat berisik.

Genteng Kanopi Baja Ringan

Untuk area garasi atau sebagai penutup area terbuka, genteng kanopi baja ringan dapat anda gunakan karena cukup tahan terhadap segala cuaca. Harganya juga murah dan ramah lingkungan walaupun akan sangat berisik saat tertimpa air hujan. Proses pemasangan genteng ini perlu ketelitian dan perhitungan yang tepat agar tidak terlihat miring.

Genteng Sirap Kayu Ulin

Seperti namanya, genteng ini memang terbuat dari kayu ulin. Bentuk genteng sirap kayu ulin sangat unik dengan ujung lancip segitiga. Dengan menggunakan genteng ini, hunian anda akan terasa sejuk. Genteng sirap kayu ulin cukup memiliki daya tahan yang tinggi dengan bobot yang relatif ringan. Sayangnya, bahan pembuatan genteng ini sudah jarang ditemukan sehingga harganya cenderung mahal. Proses pemasangannya-pun lebih sulit dibandingkan pemasangan genteng jenis lainnya. 

Jika anda ingin membuat rumah yang sustainable dengan konsep tradisional, genteng ini dapat menjadi pilihan terbaik.

Read more:

Memilih Kitchen Sink Yang Ideal Dengan Posisi Sesuai Fengshui