Pengertian Void & Manfaatnya Pada Rumah

July 24, 2022

image source_ archdaily.com

Bagi anda yang sedang melakukan renovasi atau berencana membangun rumah, mungkin anda familiar dengan istilah void. Secara singkat, void atau yang juga biasa disebut plafon ganda adalah sebuah ruang kosong terbuka yang terletak di tengah-tengah bangunan antar dua lantai. 
Agar anda lebih memahami void dan manfaatnya pada hunian, simak ulasan kami berikut ini.

Void, ruang kosong terbuka yang terletak di antara dua lantai, yang menghadirkan cahaya alami dan estetika pada sebuah bangunan 

Rumah yang didesain memiliki void, idealnya adalah rumah yang tidak punya jarak atau berdempetan dengan rumah di kanan dan kirinya, sehingga walaupun tidak memiliki jendela, void cukup membantu memberikan persebaran cahaya alami secara maksimal pada seluruh ruangan. 
Void yang berada pada posisi yang tepat berdasarkan arah dan sudut datangnya sinar matahari, akan membuat rumah anda menjadi terang tanpa menggunakan lampu pada siang hari. Dengan begitu, anda akan lebih hemat dalam mengeluarkan biaya listrik.

Selain menangkap sinar matahari, kehadiran void pada hunian juga membantu menangkap udara dan membuat alur sirkulasi lebih lancar. Sirkulasi udara yang lancar akan mencegah kelembapan yang sering terjadi pada hunian di daerah tropis. Selain hemat penggunaan AC, kualitas udara anda tentu akan lebih baik dengan adanya void ini.

image source_ archdaily.com

Void membuat rumah tampak tidak membosankan serta terlihat lebih luas

Dengan adanya void, suasana rumah menjadi lebih dinamis dan tidak membosankan. Ruangan ini memberikan penghuninya ide tak terbatas. Anda bisa mendekorasi ruang kosong ini menjadi apapun yang diinginkan.

Tidak adanya sekat pada area void membuat rumah terkesan luas serta menjadikannya pusat yang menghubungkan antar ruang. Untuk bangunan satu lantai, anda tetap dapat membuat void asalkan dinding dan plafon berukuran tinggi. Selain itu, sebaiknya juga hindari penggunaan hiasan yang menggantung seperti lampu agar area void tetap terlihat lapang.

Void dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam area sesuai kebutuhan, seperti:

Area outdoor
Dengan adanya area outdoor di dalam rumah, penghuni akan merasa seperti berada di dua dunia sekaligus. Disini, area void bisa anda jadikan taman kecil dengan kerikil putih, tempat bersantai ala kedai kopi kekinian, atau kolam ikan kecil untuk mencelupkan kaki ketika lelah bekerja. 

Area ruang keluarga
Void merupakan pusat yang menghubungkan beberapa area yang ada di dalam rumah, sehingga ini dapat dijadikan sebagai pusat interaksi antar keluarga di dalam rumah anda. Suasana di dalam rumah-pun akan terasa lebih hangat dan menyenangkan karena udara dan sinar matahari yang melimpah di area ini.

Area untuk yoga 
Tentu saja, area void sangat cocok dijadikan tempat untuk beryoga. Melakukan olahraga yoga di area yang penuh dengan cahaya dan udara alami pada pagi hari tentu akan membuat siapapun lebih bersemangat. 

Image source_ thelocalproject.com.png

Area void tentu tidak terbatas pada opsi di atas, serta dapat dimanfaatkan menjadi berbagai area sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Namun, pembangunannya harus anda perhatikan sesuai dengan kebutuhan luas, ketersediaan lahan, serta kekuatan konstruksi rumah anda. 

Jika anda masih bingung atau ragu, sebaiknya anda berkonsultasi pada jasa desain interior seperti
AT & Associates agar pembuatan void pada hunian anda menjadi lebih tepat guna. 

Read more:

Berkembang Seiring Bersama Rumah Tumbuh