Perbedaan Curtains, Drapes, Blinds & Shades. Memilih Penutup Jendela yang Sesuai Untuk Ruangan Anda

July 11, 2022

Penutup jendela merupakan salah satu perabot penting di dalam rumah yang seringkali kita abaikan keberadaannya. Padahal, penutup jendela tidak hanya berfungsi untuk menjaga privasi tapi juga dapat menambah titik fokus yang indah di ruangan mana pun jika dipilih dengan benar. Penutup jendela terbagi dalam empat jenis, berikut ini adalah jenis-jenis tirai yang dapat disesuaikan dengan jendela anda!

Curtains

Curtains
atau gorden adalah penutup jendela yang terbuat dari kain dan biasanya dijual berpasangan. Gorden sangat serbaguna dan dapat dibeli berdasarkan ukuran jendela anda, ini membuatnya cocok untuk dipasang pada jendela kamar tidur hingga dapur. 

Gorden terbuat dari kain ringan dan biasanya tipis tidak bergaris, sehingga hanya menyaring sebagian cahaya. Ada beberapa opsi dalam menggantung gorden, dan yang paling umum adalah grommet logam; cincin logam atau kain; dan lengan kain di bagian atas atau belakang panel gorden. Untuk tampilan yang berbeda, gunakan gorden warna-warni untuk menambah kontras. 

Jika dipasang pada jendela kamar tidur, gorden tidak akan membuat kamar anda menjadi gelap, tapi sekaligus memberikan kesan lembut dan feminin.

Drapes

Sama seperti gorden, drapes atau tirai terbuat dari kain dan biasanya dijual berpasangan, perbedaannya terletak pada bahan. Bahan untuk drapes adalah kain yang cukup berat dan kaku sehingga menghalangi seluruh cahaya dari luar. Drapes berukuran lebar dan panjang, menutupi bagian atas jendela hingga menggenang sedikit di bawahnya. Drapes dapat dipasang untuk melapisi gorden.

Untuk anda yang menyukai kamar gelap total saat tidur, drapes adalah pilihan yang tepat. Tidak adanya cahaya yang menembus ke dalam kamar dapat membantu anda untuk tidur dengan pulas.

Drapes cocok untuk anda yang ingin menambah kesan drama pada ruangan.

Shades

Shades merupakan panel kain lembut yang dipasang pada batang atau bingkai pada tepi atasnya. Penutup jendela ini tersedia dalam berbagai panjang, lebar, warna, dan bahan, ukurannya dapat diatur agar pas dengan bingkai jendela. 

Bentuk shades tidak seperti curtain atau drapes yang menggantung dari atas hingga ke bawah ambang jendela, anda perlu menaikkan drapes untuk membiarkan cahaya masuk atau melihat ke luar.

Shades dapat digunakan sebagai pelengkap dekorasi kasual maupun formal. Penutup jendela ini menambahkan semburat warna, pola dan tekstur pada ruang. 

Blinds

Blinds atau kerai biasanya terbuat dari bilah kayu, bambu, alumunium atau vinil. Penutup jendela yang satu ini berbentuk kisi-kisi yang dapat dimiringkan untuk membuat cahaya masuk ataupun menghalangi cahaya dari luar. 

Kerai tersedia dalam banyak warna namun tidak memiliki pola. Tirai datang dalam banyak warna dan banyak nada kayu tetapi biasanya tidak berpola. Selain efektif menghalangi cahaya masuk, kerai juga aman dalam menjaga privasi anda karena menghalangi pandangan dari luar, bahkan saat kisi-kisinya dimiringkan. Kerai cocok dipasang pada ruangan dengan tema kasual. 

Sesuaikan dengan tema ruangan
Keempat jenis penutup jendela ini dapat digunakan dengan berbagai macam gaya dan dekorasi, namun jika disesuaikan dengan tema ruangan anda, masing-masing penutup jendela ini akan mengeluarkan karakteristik tersendiri dan menjadi point of interest!

Read more:

Perbedaan Granit dan Keramik Yang Perlu Anda Ketahui