Perbedaan Granit dan Keramik Yang Perlu Anda Ketahui

July 11, 2022


Memilih material untuk lantai tentu saja perlu dipertimbangkan matang-matang. Tidak hanya karena lantai merupakan bahan dasar rumah yang kita injak sehari-hari, penampilan rumah-pun juga sebagian besar dipengaruhi oleh material lantai yang digunakan. Apakah itu akan menjadi mewah, estetik, penuh drama atau sederhana, semua tergantung dari bagaimana anda memilih material tersebut. 

Dalam menentukan material untuk lantai, biasanya anda akan dihadapkan dengan dua pilihan, menggunakan keramik atau granit. Agar anda tidak bingung, berikut ini perbedaan granit dan keramik agar anda dapat menentukan pilihan yang paling sesuai dengan karakter rumah yang anda inginkan.

Bahan dasar dan cara pembuatan
Keramik terbuat dari tanah liat yang dibakar pada suhu tinggi, kemudian dilapisi dengan glaze pada bagian atasnya agar terlihat menarik. Modern ini, pembuatan keramik juga dicampur dengan feldspar, lempung bola, kuarsa, air dan kaolin untuk menciptakan kualitas yang lebih baik.

Sedangkan granit merupakan batuan yang secara alami terbentuk dari magma panas yang beku akibat tekanan. Karena berasal dari material alami, granit membutuhkan proses pemotongan dan pressing agar permukaannya rata.


Tingkat kekuatan
Granit terbuat dari batu alam, sedangkan keramik dibuat dari tanah liat, tentu saja granit lebih kuat dan dibandingkan keramik. Granit juga lebih tahan terhadap goresan, tidak mudah rapuh, serta gampang dipoles. Sedangkan keramik adalah kebalikannya. 

Jika dilihat, kedua jenis material ini memiliki permukaan yang rata, namun ternyata kemungkinan permukaan keramik yang tidak rata lebih besar dibandingkan dengan granit. Hal ini disebabkan oleh penggumpalan pada saat proses glaze pada keramik. Tidak demikian pada granit. Proses pelapisan glaze pada granit melalui proses pressing, sehingga tingkat kerataannya lebih tinggi. 

Granit memiliki pori-pori yang lebih besar, sehingga jika terkena tumpahan air berwarna seperti kopi atau teh dan tidak segera dibersihkan, warna dari cairan tersebut akan melekat. Pada keramik, noda dapat dibersihkan dan hilang dengan mudah.

Motif dan ukuran
Motif pada granit sangat terbatas karena terbuat dari material alami, sedangkan motif keramik ada banyak dan bermacam-macam. Ukuran terkecil keramik mulai dari 25x25 cm hingga 60x6 cm, dan granit mulai dari 45x45 cm, 80x80cm, hingga 60x120cm. 

Harga keramik tentu lebih murah dibandingkan dengan harga granit, namun anda bisa mengkombinasikan penggunaan kedua material ini pada hunian anda. Contohnya dengan menggunakan granit pada lantai di ruang publik, dan menggunakan keramik pada area privat. 

Keramik yang ditawarkan di pasaran saat ini juga banyak yang memiliki kualitas bagus dengan motif dan tekstur yang mirip dengan granit. Anda hanya perlu pintar-pintar memilih serta memilahnya.

Read more:

Ciptakan Suasana Hangat Pada Hunian Dengan Skema Pencahayaan Yang Efektif