Pilih Aman Dengan Membangun Rumah Anti Banjir

August 16, 2022



Salah satu faktor penentu saat akan membeli lahan untuk membangun rumah adalah yang bebas banjir. Namun demikian, terkadang kita tidak pernah tahu akan adanya faktor lain yang dapat membuat suatu kawasan terkena musibah banjir di masa depan, seperti tanggul jebol, curah hujan tinggi, maupun pembangunan di sekitar yang tidak ramah lingkungan. Untuk itu, perlu adanya tindakan preventif agar lebih siap menghadapi banjir yang tidak terduga.

Satu hal yang tidak boleh diabaikan ketika membangun sebuah hunian adalah tidak boleh merugikan lingkungan sekitar. Maka dari itu, ada beberapa elemen penting yang bisa diterapkan saat akan membangun hunian bebas banjir namun tetap beretika dan tidak merugikan lingkungan baik di masa sekarang maupun di masa depan.

Meninggikan level bangunan
Rumah yang dibangun setara dengan permukaan tanah berpotensi besar terkena banjir hingga masuk ke dalam, untuk mencegahnya anda perlu meninggikan level bangunan minimal 60 cm dari permukaan jalan. 

Perhatikan juga saluran pembuangan air rumah anda agar tidak menggenang dan mengganggu lingkungan sekitar.

Membuat halaman rumput



Jika tinggi rumah sudah anda sesuaikan, anda bisa menambahkan rumput di halaman rumah agar air hujan dapat terserap langsung ke tanah. Pastikan kondisi taman anda miring ke arah luar rumah agar air hujan dapat mengalir dengan maksimal.

Gunakan material berkualitas
Penggunaan material yang berkualitas sangat berpengaruh ketika terjadi banjir. Rumah dengan kualitas bangunan yang tidak baik akan rusak jika terendam air seharian, dan apabila banjir terjadi selama 72 jam maka akan timbul kerusakan yang lebih parah lagi seperti bergesernya pondasi dinding serta rusaknya struktur bangunan.

Sempurnakan bangunan anda dengan pelapis anti air seperti sealant dan veneer kedap air yang dapat digunakan pada pondasi, jendela dan pintu agar untuk mencegah masuknya air melalui retakan.

Pasang pipa-pipa dan kelistrikan pada tempat yang tinggi
Pipa-pipa dan alat kelistrikan sebaiknya dipasang pada tempat yang tinggi untuk meminimalisir terjadinya kerugian yang lebih besar jika terjadi banjir. Alat-alat kelistrikan yang terkena banjir dapat menyebabkan arus pendek dan kebakaran, untuk itu anda perlu berhati-hati dalam hal ini.



Selain dapat menyebabkan kebakaran saat terjadinya banjir, alat-alat kelistrikan yang ditempatkan pada posisi bawah sangat berbahaya terutama bagi anak-anak.
Terakhir, siapkan pompa banjir untuk berjaga-jaga jika terjadi banjir besar dalam waktu yang lama dan pasanglah ventilasi air yang baik untuk mencegah kerusakan lebih besar pada pondasi dan dinding rumah anda.

Read more:

Hadirkan Hutan di Dalam Rumah Dengan Konsep Jungalow