Tiga Key Elements Khas Asia Yang Membawa ‘Zen’ Dalam Hunian

August 16, 2022



Menciptakan ruang yang harmonis adalah cita-cita bagi setiap pemilik rumah. Gaya Asia memiliki elemen-elemen khas yang dapat membawa ‘zen’ pada sebuah hunian. Desain hunian bergaya Asia mempromosikan lingkungan yang santai dengan memadukan unsur-unsur alam ke dalam interior, ini dapat mempengaruhi suasana hati serta meningkatkan kesejahteraan bagi penghuninya.

Desain hunian bergaya Asia tidak terlalu fokus pada satu fitur tertentu. Intinya adalah tentang menciptakan sebuah lingkungan santai yang sesuai dengan kebutuhan. Jika anda ingin menciptakan ‘zen’ dari desain hunian bergaya Asia, berikut ini lima elemen khas yang dapat anda pilih dan terapkan sesuai kebutuhan.

Cahaya alami
Rumah orang Asia rata-rata memiliki jendela besar dengan denah terbuka untuk mendapatkan sinar matahari yang melimpah. Sinar matahari serta sirkulasi udara yang maksimal tentu akan memberikan kualitas hidup yang sangat baik. 

Sebagai tambahan, untuk menciptakan suasana yang menenangkan anda dapat menggunakan kombinasi lampu hias di meja atau seluruh ruangan untuk mendapatkan efek yang diinginkan.


image source: impressiveinteriordesign.com

Warna dan tekstur natural
Gaya ‘zen’ Asia menggabungkan unsur-unsur alami dengan palet berwarna netral yang mendominasi. Pilihan warna bumi seperti krem dan abu-abu dapat menciptakan suasana nyaman dan menenangkan. Perpaduan warna netral akan menjadi dasar yang sempurna untuk sebuah aksen segar seperti merah, hijau, biru, maupun kuning.

Sementara itu, tekstur alami seperti kain akan menambah rasa nyaman sekaligus memperkuat tema dekorasi. Anda bisa menggunakan karpet atau bantal linen yang menambah sentuhan visual yang menarik.


image source: etsy.com

Tanaman hijau
Tanaman merupakan bagian yang tak terpisahkan dari rumah-rumah orang Asia. Menempatkan tanaman netral yang tidak beraroma kuat maupun berwarna cerah dapat menjadi pilihan yang ideal karena menenangkan secara visual. Pilihan tanaman seperti bonsai atau pohon dracaena dapat menjadi opsi untuk mendapatkan kesan kuat hunian bergaya Asia.

Pilihan tanaman seperti bonsai yang diletakkan pada sebuah taman mini di dalam rumah, atau atau pohon dracaena dapat menjadi opsi untuk merangsang relaksasi, sekaligus melengkapi tema hunian bergaya Asia.


image source: archdaily.com

Gaya ‘zen’ Asia menggunakan pendekatan unik untuk dekorasi dengan menerapkan unsur alam sebagai bagiannya. Selain penggunaan tanaman, anda juga dapat menggunakan fitur air untuk meningkatkan rasa tenang, bahkan pasir dan kerikil putih yang ditata pada satu sudut kecil. 

Kuncinya adalah untuk mengurangi stress, sehingga hunian dengan dekorasi bergaya Asia menekankan pentingnya minimalis dan fungsi. Jika siap, anda juga dapat melakukan decluttering untuk menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak bermanfaat dan hanya menyimpan benda-benda yang anda sukai.

Read more:

Pilih Aman Dengan Membangun Rumah Anti Banjir