Tips Membuat Desain Rumah Hemat & Tepat Guna

September 06, 2022



Mendesain rumah memerlukan perencanaan yang matang agar lahan yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara optimal. Dengan mendesain rumah yang tepat guna, kita tidak hanya dapat menghemat biaya pembangunan masa kini namun juga di masa depan. 

Untuk membuat desain rumah agar hemat dalam biaya pembangunan dan juga tepat penggunaanya hingga bertahun-tahun kedepan, anda perlu berkonsultasi dengan ahlinya. Namun jika anda ingin mencobanya sendiri, berikut kami bagikan tips-nya.

Buat rumah dengan bentuk persegi
Di dalam dunia feng shui, rumah dengan bentuk persegi adalah yang paling disukai karena bentuknya mewakili unsur tanah. Unsur tanah merupakan lambang adanya kestabilan dan keamanan, sehingga energi Qi dapat mengalir ke seluruh bagian rumah dengan lancar, serta melindunginya dari energi negatif.

Selain itu, sebuah ruang dengan bentuk persegi akan memudahkan konstruksi atap. Dengan begitu, biaya pembuatan atap-pun akan semakin murah.

Menyatukan area dengan fungsi yang sama
Agar instalasi saluran listrik dan air dapat dibuat dengan lebih mudah, anda perlu menyatukan beberapa ruang servis untuk berada di dalam satu area. Contohnya tempat mencuci baju, tempat setrika, ruang janitor, dapur dan kamar mandi. Hal ini akan membuat rumah anda menjadi lebih efisien.



Pertimbangkan arah matahari
Ruang untuk tidur sebaiknya tidak menghadap ke arah barat karena akan terpapar sinar matahari lebih lama. Hal ini akan berdampak pada penggunaan listrik yang lebih besar karena kompresor AC perlu bekerja keras untuk mencapai suhu dingin, penghuni juga akan lebih sering menyalakan AC karena merasa gerah.

Sebaliknya, tempatkan area dengan tingkat kelembaban yang tinggi seperti toilet, area mencuci dan lain-lain yang berhubungan dengan air, pada arah matahari agar rumah anda tidak mudah bau dan penuh dengan jamur.

Memanfaatkan ruang sisa
Selain berfungsi sebagai pembatas antar ruang, anda juga bisa memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan. Anda juga dapat membuat mezzanine jika memiliki plafon yang cukup tinggi. Mezzanine dapat berfungsi sebagai area penyimpanan maupun ruang tambahan untuk anak anda.



Buat rumah tumbuh
Jika anda merasa belum perlu memanfaatkan seluruh area pada lahan yang anda miliki saat ini, anda bisa membuat rumah tumbuh agar di masa depan anda tidak perlu lagi membongkar dan merubah seluruh denah.

Dengan membuat konsep rumah tumbuh, anda memiliki perencanaan yang matang dan siao diwujudkan kapan saja, anggaran yang anda miliki-pun akan terpakai dengan efisien dan tepat guna.

Pada saat eksekusi konstruksi, pastikan anda tetap berpegang pada modul agar penggunaan material tetap dengan biaya yang telah disiapkan. Jika ada perubahan maka biaya yang dikeluarkan juga lebih besar serta banyak material sisa yang terbuang.

Jika anda merasa tidak yakin untuk merencanakan desain sendiri, AT & Associates siap mendampingi anda untuk menciptakan hunian yang efisien dan tepat guna. 

Read more:

Perhatikan Arah Rumah Sebelum Membeli, Ini Arah Rumah Yang Baik Menurut Feng Shui