Tips Menciptakan Suasana Kamar Nyaman dan Menenangkan

August 24, 2022



Kamar merupakan ruangan tempat kita menghabiskan banyak waktu untuk tidur dan beristirahat, maka sudah seharusnya kenyamanan ruang tidur ini menjadi perhatian utama. Mungkin karena terlalu sibuk dengan urusan kantor dan lain-lain, kita menjadi lupa kalau kamar tidur juga membutuhkan perhatian. Jika saat ini anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya melakukan beberapa hal berikut ini untuk menciptakan kamar yang nyaman dan menenangkan untuk beristirahat.

Kualitas sprei
Untuk menciptakan kamar yang nyaman, pertama-tama anda perlu mencintai tempat tidur. Caranya bisa dengan menggunakan bantal dan guling berkualitas baik dan juga memasang sprei yang halus. 

Saat ini ada banyak toko di marketplace yang menjual sprei berkualitas tinggi dengan harga yang
affordable, jadi jangan ragu untuk berinvestasi pada tempat tidur anda karena kualitas tidur adalah yang utama.

Temukan warna yang tepat
Pemilihan warna di kamar tidur sangat mempengaruhi mood, loh. Warna-warna yang terang dan mencolok seperti merah, fuschia, atau kuning dapat membuat anda bersemangat, sehingga alih-alih mendapatkan suasana tidur yang tenang, bisa saja anda malah kembali memikirkan pekerjaan.

Pilihlah warna cat yang lembut atau netral seperti putih, abu-abu, atau krem. Namun jika anda memang menyukai warna-warna terang, gunakanlah warna terang yang pudar agar tidak terlalu mencolok.



Pencahayaan yang optimal
Pencahayaan yang baik adalah kunci. Jika anda memiliki jendela dengan akses pencahayaan yang optimal, maka gunakanlah hal itu sebagai point of interest. Jika kamar anda tidak memiliki akses cahaya alami, anda bisa memanfaatkan bola lampu dengan warna warm pada titik-titik tertentu. 

Dekorasi ruangan
Menambahkan beberapa pot tanaman indoor ke dalam ruang tidur anda dapat memberi sense of nurturing ke dalam diri anda. Dengan begitu, anda dapat lebih betah berada di kamar karena ada sesuatu yang anda pelihara.

Selain tanaman, beberapa dekorasi lain seperti karpet berbulu halus, bantal-bantal kecil, atau lukisan minimalis juga dapat membuat suasana kamar menjadi baru. Jangan lupa sembunyikan kabel-kabel agar kamar tidak tampak berantakan.

Gunakan diffuser
Terakhir, pasanglah diffuser dengan aroma lavender saat anda akan tidur. Aroma lavender sangat baik untuk mendukung kualitas tidur yang optimal sekaligus menolak nyamuk. Jika perlu, putar musik relaksasi disaat yang bersamaan untuk membuat pikiran tenang.



Jangan lupa untuk selalu membersihkan kamar anda setiap hari serta melakukan
deep cleaning secara rutin. Semakin rutin kita membersihkan kamar, semakin kita akan terhubung dengannya. Bersih-bersih juga menjadi salah satu cara untuk menghormati keberadaan kamar dan menciptakan hubungan yang sehat. Kamar yang bersih juga akan membuat anda lebih sehat, ini dapat berdampak pada kualitas tidur anda.

Read more:

Tiga Key Elements Khas Asia Yang Membawa ‘Zen’ Dalam Hunian